Breaking News

Saturday, November 8, 2014

Top 10 Komponis Musik Klasik Paling Terkenal

Peminat musik klasik mungkin tidak sebanyak seperti dulu pada zaman keemasannya dari 17 ke awal abad ke-20. Tapi tetap mengesankan dan sangat menginspirasi, terutama karya-karya para komponis terbesar sepanjang masa. Beberapa dari mereka mungkin telah hidup ratusan tahun yang lalu tapi karya mereka yang tetap abadi sepanjang masa


Johann Sebastian Bach (1685-1750)

Seorang pemain organ asal Jerman , komposer, pemain biola dan  dianggap sebagai salah satu komposer klasik terbaik sepanjang masa. Dia menulis lebih dari 1100 komposisi yang meliputi cantatas, song dan arias, chorales, passions dan oratorio, organ works, works for harpsichord, concerto, ... karya terbaik yang terkenal oleh Bach yaitu Brandenburg concerto, Air on G String, Toccata dan Fugue in D minor dan Arioso.










Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791)
Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun). Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis.



Ludwig van Beethoven (1770-1827)

Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni ke-lima dan ke-sembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. 

Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.



Giuseppe Verdi (1813-1901)
Giuseppe Fortunino Francesco Verdi (lahir di Le Roncole, 10 Oktober 1813, meninggal di Milan, 27 Januari 1901 pada umur 87 tahun) adalah komponis Italia dari era Romantik yang terutama dikenal dengan opera-opera ciptaannya. Namanya disejajarkan denganRichard Wagner sebagai komponis opera paling berpengaruh pada abad ke-19,dan mendominasi dunia musik Italia setelah Bellini,Donizetti, dan Rossini. Karya-karyanya sering dipentaskan di teater opera di seluruh dunia. Beberapa lagu dari opera-opera ciptaannya telah diserap ke dalam budaya populer, di antaranya lagu-lagu seperti "La donna è mobile" dari opera Rigoletto, "Libiamo ne' lieti calici" (The Drinking Song) dari opera La traviata, "Va, pensiero" (The Chorus of the Hebrew Slaves) dari Nabucco, "Coro di zingari" dari Il trovatore dan "Grand March" dari Aida.


Pyotr Ilyich Tchaikovsky (1840-1893)

Ia adalah seorang komposer Rusia pada zaman musik Romantik. Ia banyak menulis musik balet seperti Danau Angsa dan Pemecah Kacang. Musik gubahannya dikenal dan digemari untuk ciri-ciri Rusianya serta harmoni yang kaya dan melodinya yang indah. Meskipun begitu, karya-karyanya lebih kebarat-baratan dibandingkan dengan komponis-komponis Rusia pada zamannya karena ia mencampurkan unsur-unsur luar negeri










Frederic Chopin (1810-1849)

Sama seperti Mozart, Chopin adalah anak yang sangat berbakat dan membuktikan dirinya sebagai salah satu komposer Polandia terutama pada usia yang sangat muda. Salah satu komposer piano terbaik dan pianis virtuoso dalam sejarah menulis hampir secara eksklusif untuk piano solo. Tapi dia juga menulis dua piano concerto dan tiga sonata. Chopin juga dipuji karena penemuan ballade instrumental dan beberapa inovasi musik. Beberapa karyanya yang paling dikenal antara lain Nocturne in E-flat major, Op. 9 No 2, Funeral Maret (Prelude in C minor), Minute Waltz (Waltz di D-datar major), Revolutionary Etude (Op.10, No.12) dan Fantasie Impromptu-(Op. Posth. 66).





Antonio Vivaldi (1678-1741)

Seorang komposer Italia Baroque dan pemain biola virtuoso terus dikagumi di seluruh dunia untuk karya-karyanya, terutama untuk concerto instrumental untuk biola. Karya terbesarnya adalah serangkaian concerto biola yang disebut Le quattro stagioni (The Four Seasons). Secara keseluruhan, Vivaldi menyusun lebih dari 500 concerto yang lebih dari setengahnya untuk instrumen solo dan string, terutama untuk biola. Karya lainnya termasuk opera, musik paduan suara sacred, simfoni, sonata dan music chamber. Dari jumlah tersebut mungkin paling dikenal komposisi paduan suara Gloria.






Giacomo Puccini (1858-1924)
Seorang komponis Italia. Giacomo Puccini berasal dari keluarga yang sangat miskin. Pamannya yang mengajarkannya bermain piano. Pada usia 19 tahun ia mendapat pekerjan sebagai organis dan pemimpin paduan suara di tempat kelahirannya, Lucca. Kemudian ia pergi ke Milan untuk belajar musik lebih mendalam. Ia menulis opera yang pertama untuk suatu perlombaan tetapi ia tidak memenangkannya. Kemudian ia menulis beberapa opera lagi dan ternyata sukses. Opera tersebut antara lainLa Boheme diproduksi tahun 1896, Tosca diproduksi tahun 1900, Madame Butterfly diproduksi tahun 1904 dan Turandot. Puccini meninggal dunia sebelum menyelesaikan karya Turandot, tetapi karyanya kemudian diselesaikan oleh temannya Franco Alfano, dan pertama kali dipentaskan pada tahun 1926.



George Frideric Handel (1685-1759)

Ia adalah seorang komposer Inggris Keturunan Jerman dan dianggap sebagai salah satu master terbesar dari era Baroque dan salah satu komposer klasik terkemuka Inggris. Dia menulis lebih dari 40 opera, 29 Oratories, lebih dari 100 cantatas, duet dan trio, 16 concerto organ serta sejumlah arias, ecumenical pieces, music chamber, Odes dan serenatas. Karya terbesarnya meliputi Mesias, Sarabande, Water Music dan  Music for the Royal Fireworks.











Igor Stravinsky (1882-1971)

Seorang komposer Rusia yang di lahir Perancis dan kemudian menjadi komposer Amerika , ia juga seorang pianis komponis abad ke-20 yang paling menonjol dan berpengaruh. Dia dan masih dikagumi di seluruh dunia untuk kebaruan karya-karyanya walaupun, menyebabkan banyak kontroversi di masanya. Karya terbesar Stravinsky diantaranya The Firebird, Petrushka, The Rite of Spring, A Soldier 's Tale, The Song of the Nightingale, Mavra, Oedipus Rex, Symphony di C dan Symphony in Three Movements.







Franz Scubert (1797-1828)


Franz Peter Schubert (31 Januari 1797 -- 19 November 1828) adalah seorang komposer asal Austria. Dia menulis sekitar 600 "lieder" (musik untuk vokal atau permainan piano tunggal), 9 simfoni (termasuk "Unfinished Symphony" yang terkenal), musik liturgi, opera, serta musik untuk skala besar dan solo piano. Terkhusus, dia terkenal karena keorisinalitasan melodi dan harmoni yang disusunnya.









sumber:
wikipedia.com

13 comments:

  1. Franz Schubert, Please.... The most famous austrian composer

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Karena Frans Schubert tidak sehebat, bach, mozart, dan beethoven.. Franz Shubert lagunya juga bagus sih

      Delete
  3. SCHUBERT JG KOMPONIS BESAR, APK DIA TDK TERMASUK DARI YG 10 DIATAS.....??? I REALLY WONDER...

    ReplyDelete
  4. SCHUBERT JG KOMPONIS BESAR, APK DIA TDK TERMASUK DARI YG 10 DIATAS.....??? I REALLY WONDER...

    ReplyDelete
  5. ok mas siap... baru buka blog lg nie..

    ReplyDelete
  6. Handel is my favourite composser, he is the best. Messiah & hallelujah is my choice

    ReplyDelete
  7. Komponis itu hebatnya setara. Bukannya berbeda, karena mereka semua lagu-lagunya bagus semua nggak ada bedanya. Mereka itu sama aja lo... karena mereka sama-sama manusia yang dipuji tuhan lewat musik. mereka padahal sama saja nilainya di mata tuhan.

    ReplyDelete
  8. Kalo idolaku sih ya, cinta banget sama wolfgang amadeus, ludwig van, frédéric, johann sebastian, dan franz.

    ReplyDelete
  9. Franz Liszt juga masuk nih, termasuk dengan rivalnya Johannes Brahms.

    ReplyDelete

Designed By Blogger Templates
Back To Top