Breaking News

Thursday, October 2, 2014

Small house Sweden / Rumah kecil di Swedia



Mulai hari ini, di blog ini juga akan dibahas tentang rumah-rumah yang inspiratif dari penjuru dunia. Dimulai dengan rumah yang satu ini, yaitu rumah kecil di Swedia dengan tampak muka hanya selebar 5 meter. Kondisi jalan yang sudah tua dan sempadan yang 0 meter menjadikan kondisi yang agak khusus dalam desain. Menurut saya agak lain dengan rumah-rumah di Indonesia yang lahannya seringkali masih luas, dengan sempadan sekitar 3 hingga 5 meter untuk kebanyakan lahan perumahan. 




.



Yang menarik dari desain rumah oleh ... ini adalah kesan minimalis yang sejati, dimana pintu dan jendela dibuat begitu minim ornamen, bahkan untuk ukuran Eropa. Pintu masuk pada facade sebelah kiri, dengan tempat meletakkan sepeda. Masuk kedalam rumah adalah ruang dapur yang diteruskan dengan ruang makan. Diatas dapur ini ada perpustakaan, yang berada di lantai mezzanine (lantai yang tidak seluruhnya melingkupi luas bangunan). Lebih ke atas akan ditemukan ruang tidur, berhubungan melalui mezzanine ke sebuah kamar mandi, yang berbatasan dengan sebuah balkon di bagian atas dengan atap terbuka. Tampaknya, ide dasar pengolahan ruangnya cukup menarik. 

Terpisah dengan massa bangunan utama, terlihat ruang kerja yang berada dalam massa tersendiri di bagian belakang. Bisa diakses melalui sebuah innercourt dengan taman yang ada kursi dan meja outdoor. Menurut saya rumah ini sangat menarik, liveable, nyaman dan yang paling penting adalah konfigurasi ruangnya cukup baik. 


Thank you contemporist
Thank you Elding Oscarson



No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates
Back To Top