Breaking News

Tuesday, October 7, 2014

50 Bangunan Paling Unik Di Dunia

1. Krzywy Domek - Crooked House


Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan mal didesain dengan bangunan yang mewah, minimalis, serta elegan. Namun berbeda dengan Krzywy Domek, mal yang berlokasi di Polandia. Seperti apa desainnya?

Krzywy Domek memberikan keunikan tersendiri terhadap bangunannya. Bagaimana tidak, mal yang terletak di Kota tepi laut Sopot, Polandia ini memiliki bangunan yang mungkin bisa membuat mata Anda menari-nari atau malah terasa pusing.

Dikutip dari Dailymail, Krzywy Domek merupakan bahasa Polandia yang artinya 'Rumah Bengkok'. Tak heran bila bangunan mal yang sudah dibuat sejak 2004 silam ini juga didesain bergelombang dan melengkung.

Terinspirasi dari cerita dongeng, sehingga mal ini sengaja dibuat menyerupai bentuk bangunan dalam ilustrasi buku cerita anak-anak karya seniman terkenal Polandia, Jan Marcin Szancer. Krzywy Domek juga mengambil inspirasi dari seniman lainnya, Per Dahlberg.

Yang jadi pertanyaan, kira-kira siapa otak kreatif di balik bangunan mal aneh ini? Arsitek Szotynscy dan Zaleski adalah dua orang yang mengaplikasikan gaya ilustrasi Szancer itu ke dalam bentuk bangunan yang nyata.

Setiap orang yang melihat bangunan tersebut memberikan komentar yang berbeda-beda. Ada yang bilang bahwa tempat belanja ini mirip dengan bangunan yang habis dipukuli, mirip kartun, bahkan ada juga yang mengatakan bangunan itu seolah-olah mencair. Tempat belanja tersebut juga menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi dan dijadikan objek foto di Polandia.


2. Forest Spiral - Hundertwasser Building


Hutan Spiral Hundertwasser dibangun pada tahun 2000. Dirancang oleh seorang arsitek dan pelukisAustria, Friedensreich Hundertwasser ,bangunan ini memiliki 105 apartemen dan fitur warna-warni dan desain organik.


3. The Torre Galatea Figueras (Spain)


Hal pertama yang anda lihat pasti telur raksasa yang ada di langit-langit. Museum ini dibangun oleh sang arsitek, Dali, untuk mengenang istri sang artis yang telah meninggal. Yang mengherankan, rumah ini berdiri di samping gereja tempat Dali dibaptis di tahun 1904.

4. The Basket Building (Ohio, United States)


Bangunan ini akan terlihat spektakular pada malam hari dimana cahaya lampu bersinar dari 84 jendela yang dipunyai 'keranjang' ini.


5. Kansas City Public Library (Missouri, United States)


Gedung Kansas City Public Library Missouri ini merupakan perpustakaan umum, yang terletak di Oak Street didirikan pada tahun 1873.Perpustakaan Kansas City Public Library salah satu bangunan dinobatkan sebagai bagunan unik di dunia oleh sebuah situs toptenz.net. 

Perpustakaan Kansas City ini diadaptasi untuk menyertakan dinding buku luar biasa. Ada 22 buku berukuran 25 x 9 meter yang menampilkan judul buku yang disarankan oleh pembaca Kansas City, seperti Huckleberry Finn, The Lord of the Rings dan Charlotte’s Web.Tempat unik ini banyak memiliki koleksi sejarah lokal kota Kansas, termasuk bahan asli yang diterbitkan, artikel berita, kartu pos, foto, peta, dan direktori kota yang berasal dari sejarah masyarakat.Desain bangunan buku ini menampilkan 22 judul buku yang mencerminkan pentingnya melakukan kegiatan membaca seperti yang disarankan oleh pembaca kota Kansas dan kemudian dipilih oleh dewan perpustakaan.Perpustakaan ini menyelesaikan rekonstruksi bangunan pada 2004 dan menelan biaya sekitar US $ 50 juta.


6. Ferdinand Cheval Palace a.k.a Ideal Palace (France)


Ferdinand Cheval Istana dibangun oleh seorang tukang pos di Hauterives, Prancis, yang dimaksudkan untuk menggunakannya sebagai kuburannya sendiri tetapi belum mendapatkan lisensi untuk itu. Bangunan ini kini dikenal di seluruh dunia.


7. Wonderworks (Pigeon Forge, TN, United States)



Gedung Wonderworks muncul-- seolah meratakan gudang berbatu bata merah abad ke-20 di sampingnya. Pohon palem dan lampu jalan menggantung terbalik-- seakan siap menukik ke bumi. Desain aneh yang mengesankan dan tak terpikirkan oleh siapapun.

Arsitektur yang tak terduga ini-- mengingatkan pada rumah-rumah yang diterpa badai di sepanjang musim panas di negara bagian Amerika Serikat. Juga menyerupai rumah yang baru saja terhempas gempa berkekuatan besar.

Museum Wonderworks di area International Drive, Florida ini-- tak hanya menyajikan fantasi arsitektur. Sekaligus memberi pemahaman tentang detail material yang kokoh, meski bangunannya miring dan terbaik. Unik bukan imajinasi para Arsitek?


8. Habitat 67 (Montreal, Canada)



Habitat 67, adalah sebuah komunitas model dan kompleks perumahan di Montreal, Kanada. Bangunan ini dirancang oleh arsitek dari Israel-Kanada, Moshe Safdie, dan dibangun pada pada tahun 1967. Pada awalnya, karyanya dipahami hanya untuk sebagai tesis masternya dalam arsitektur di McGill University. Kemudian dibangun sebagai paviliun untuk Expo 67, World's Fair yang diadakan pada bulan April saat itu. Tema Expo 67 adalah "Man and his World".

Habitat 67 mempunya tinggi 12 lantai. Pada awalnya gedung ini memiliki sekitar 158 kamar apartemen, namun ada beberapa kamar yang digabungkan untuk menciptakan unit kamar yang lebih besar. disetiap unit kamarnya paling tidak memiliki 1 teras pribadi. wih keren ya gan


9. Cubic Houses (Rotterdam, Netherlands)



Gedung ini dibangun pada tahun 1974, dan di arsiteki oleh Piet Blom. Kenapa gedung ini berbeda dari yang lain karena bentuknya yang seperti Kubik. Mereka dirancang dengan konsep “hidup sebagai atap perkotaan”. Desain rumah sangat unik di mana rumah masing-masing mewakili sebuah pohon. Rumah yang miring sampai 45 derajat ini dibangun di atas tiang berbentuk segi enam.


10. Hang Nga Guesthouse (Crazy House), Vietnam



Rumah ini dimiliki oleh putri mantan presiden Vietnam, yang belajar arsitektur di Moskow. Ini tidak sesuai dengan konvensi tentang membangun rumah, memiliki tikungan yang tak terduga dan ternyata, atap dan kamar. Sepertinya sebuah puri dongeng, itu telah menjadi seekor “binatang” besar seperti jerapah dan laba-laba, tidak ada jendela berbentuk persegi panjang atau bulat. Rumah ini dapat dikunjungi siapa pun seperti museum.


11. Chapel in the Rock (Arizona, United States)



12. Dancing Building (Prague, Czech Republic)

This beautiful Roman Catholic church is literally built into the rock. The views from outside are unbelievable but the serenity inside is awesome.


13. Calakmul Building Or La Lavadora (The Washing Machine), Mexico

Designed by: Architect Vlado Milunić in co-operation with Canadian architect Frank Gehry on a vacant riverfront plot.
The building was designed in 1992 and completed in 1996.
A modern, glass building surrounded by historic architecture.
The top floor of Dancing House is home to one of the city's leading restaurants, Celeste Restaurant.
Diners can enjoy delightful cuisine and magnificent views over the river and up to Prague Castle.


14. Kettle House, Texas, United States


15. Manchester Civil Justice Centre, United Kingdom


16. Nakagin Capsule Tower, Tokyo, Japan


17. Mind House (Barcelona, Spain)


18. Stone House, Guimarães, Portugal


19. Shoe House, Pennsylvania, United States

This fake looking awesome stone house is located in Fafe, Guimarães (Portugal).


20. Weird House in Alps


21. The Ufo House, Sanjhih, Taiwan


22. The Hole House, Texas, United States


23. Ryugyong Hotel, Pyongyang, North Korea


24. The National Library, Minsk, Belarus


25. Grand Lisboa, Macao


26. Wall House, Groningen, Netherlands


27. Guggenheim Museum, Bilbao, Spain


28. Bahá’í House of Worship (Lotus Temple), Delhi, India


29. Container City, London, United Kingdom


30. Erwin Wurm: House Attack, Viena, Austria


31. Wooden Gagster House, Archangelsk, Russia


32. Air Force Academy Chapel, Colorado, United States


33. Solar Furnace, Odeillo, France


34. Dome House, Florida, United States


35. Beijing National Stadium, Beijing, China


36. Fashion Show Mall,Las Vegas, United States


37. Luxor Hotel & Casino, Las Vegas, United States


38. Zenith Europe, Strasbourg, France


39. Civic Center, Santa Monica


40. Mammy’s Cupboard, Natchez, MS, USA


41. Pickle Barrel House, Grand Marais, Michigan, USA


42. The Egg, Empire State Plaza, New York, USA


43. The Gherkin Building, London, UK


44. Nord LB building, Hannover, Germany


45. Lloyd’s building, London, UK


46. Druzhba Holiday Center Hall, Yalta, Ukraine


47. Fuji television building, Tokyo, Japan


48. UCSD Geisel Library, San Diego, California, USA


49. Ripley’s Building, Niagara Falls, Ontario, Canada


50. The Bank of Asia (Robot Building), Bangkok, Thailand





No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates
Back To Top