Breaking News

Friday, October 3, 2014

Rumah dengan material besi, kayu, plastik dan kaca



Berbagai material bangunan untuk rumah sangat beragam akhir-akhir ini. Material-material sederhana dapat menjadi pilihan saat membangun dengan pendekatan yang berbeda dari biasanya. Untuk menambah wawasan kita, kami sajikan artikel tentang sebuah rumah yang didesain unik oleh arsitek jepang Meguni Matsubara dan Hiroi Ariyama.


Material yang digunakan cukup beragam yaitu besi, kayu, beton, kabel metal, plastik semacam polycarbonate, dan panel kaca. Tampaknya rumah ini merupakan rumah mungil yang diperuntukkan untuk pasangan yang cukup senior. 


Bangunan pada malam hari, tampak seperti berpendar karena menggunakan material yang tembus cahaya (tapi tidak tembus pandang) berupa lapisan plastik. Tampaknya terdapat sisa dari model rumah Jepang tradisional yang dindingnya terbuat dari kayu dan kertas sehingga terlihat tembus cahaya. 


Lantai dan sebagian konstruksi menggunakan kayu. 


Beragam material dapat menjadikan ruangan yang tercipta lebih 'kaya'. 


Pemilik rumah ini memiliki memori tentang masa kecil di sebuah kuil tak jauh dari lokasi rumah ini dimana ia menghabiskan banyak waktunya di kuil tersebut. 


Perpaduan dari berbagai material menciptakan suatu harmonisasi dari garis massa dan bidang. 






Sebuah rumah adalah sebuah tambatan hati, kita bergerak dan bekerja didalam sebuah rumah sembari menciptakan memori-memori yang akan kita kenang sepanjang hidup kita. Dinding-dinding rumah akan menyimpan kenangannya yang akan memberikan auranya saat kita berada didekatnya.


images and story adapted via Dezeen

3 comments:

Designed By Blogger Templates
Back To Top