Breaking News

Friday, October 31, 2014

Fakta Tentang Galaksi Bima Sakti (Milky Way)

Berikut adalah sepuluh fakta menarik tentang Galaksi Bima Sakti


1. It’s warped.

Diameter Galaksi Bima Sakti kira-kira sekitar 120.000 tahun cahaya, dengan tonjolan pusat yang memiliki diameter 12.000 tahun cahaya. Bentuk galaksi seperti disk ini tidak sempurna, seperti dapat dilihat pada gambar di bawah. Apa membingunkan ? Dua galaksi tetangga seperti Magellan Besar dan Kecil - telah menarik pada materi gelap di Bima Sakti seperti dalam permainan galaksi tarik-menarik perang. Gaya tarik menarik  semacam frekuensi osilasi yang menarik pada gas hidrogen (yang Bima Sakti memiliki banyak). 

The warped Milky Way. Image credit:NASA/APOD

2. Mempunya Materi Halo. tetapi anda tidak dapat melihatnya..
Galaksi Bima Sakti memiliki halo materi gelap yang membentuk lebih dari 90% dari massanya. Ya, 90%. Itu berarti bahwa semua apa yang bisa kita lihat (dengan mata telanjang atau teleskop) membuat kurang dari 10% dari massa Bima Sakti. Sekarang, itu tidak memilikinya seperti karakter-karakter kartun tua yang mati, sayap kecambah dan bermain harpa di awan. Halo ini sebenarnya tak terlihat, meskipun kita tahu itu ada dengan menjalankan simulasi apa Bima Sakti akan terlihat seperti dan seberapa cepat bintang dalam galaksi disk yang orbit pusat. Lebih berat itu adalah, semakin cepat mereka harus mengorbit. Jika Anda menganggap bahwa galaksi terdiri hanya dari materi yang dapat kita lihat, maka Anda mendapatkan tingkat rotasi untuk bintang-bintang yang jauh di bawah apa yang seharusnya, sehingga sisanya terdiri dari apa yang disebut elusively "materi gelap, "atau dalam hal ini hanya berinteraksi gravitasi (sejauh kita tahu) dengan" materi normal ".

3. Mempunyai lebih dari 200 milyar bintang.

Galaksi terbesar yang diketahui, IC 1101, memiliki lebih dari 100 triliun bintang, dan galaksi besar lainnya dapat memiliki lebih dari satu triliun bintang. Galaksi yang lebih kecil seperti tersebut Large Magellanic Cloud, memiliki sekitar 10 miliar bintang. Bima Sakti memiliki antara 200-400.000.000.000 bintang, tetapi ketika Anda melihat ke langit malam yang paling Anda dapat melihat dari satu titik di Bumi adalah sekitar 2.500. Kami tidak terjebak dengan ini banyak bintang selamanya, meskipun, karena Bima Sakti terus kehilangan bintang - melalui supernova - dan memproduksi bintang, jaring sekitar tujuh bintang per tahun.



4. Berdebu dan gas.

Anda mungkin tidak berpikir begitu dengan melihatnya, tapi Bima Sakti penuh debu dan gas. Dan ketika saya mengatakan penuh debu, berarti bahwa kita hanya bisa melihatnya sekitar 6.000 tahun cahaya  dari galaksi kita sendiri dalam spektrum  galaksi  sekitar 100.000 tahun cahaya! Debu dan gas membuat mengurangi 10-15% dari "materi normal" di galaksi, dengan sisanya adalah bintang. Ketebalan debu mengalihkan cahaya tampak, seperti yang dijelaskan di sini, tapi cahaya inframerah dapat menembus debu, yang membuat teleskop inframerah seperti Spitzer Space Telescope alat yang sangat berharga dalam pemetaan dan mempelajari galaksi. Spitzer bisa mengintip melalui debu untuk memberi kita pandangan yang luar biasa jelas tentang apa yang terjadi di jantung galaksi dan di daerah pembentuk bintang.

5. Terbuat dari Galaksi Lain.

Galaksi Bima Sakti tidak selalu seperti sekarang ini, sebuah spiral indah. Ini menjadi ukuran dan bentuknya saat ini dengan memakan galaksi lain. fenomena ini masih terjadi sampai hari  ini - Canis Major Dwarf Galaxy adalah galaksi terdekat dengan Bima Sakti karena bintang-bintangnya saat ini sedang ditambahkan ke galaksi Bima Sakti, dan galaksi kita telah dikonsumsi galaksi lain dalam sejarah panjang, seperti the Sagittarius Galaxy Dwarf.

6. Setiap gambar yang Anda telah melihat dari Bima Sakti dari atas adalah baik galaksi lain atau penafsiran seorang seniman.

Kita tidak bisa mengambil gambar dari Bima Sakti dari atas (belum) karena kita berada di dalam disk galaksi, sekitar 26.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Ini berarti bahwa setiap gambar-gambar cantik yang Anda lihat dari galaksi spiral dengan tangan elegan yang diduga Bima Sakti adalah salah gambar galaksi spiral lain, atau rendering dari seorang seniman berbakat. Pencitraan Bima Sakti dari atas sangatlah jauh dan jauh; Namun, ini tidak berarti bahwa kita tidak bisa takebreathtaking gambar dari Bima Sakti dari sudut pandang kami!

7. Ada sebuah Black Hole (lubang hitam) di pusat Galaksi.
Kebanyakan galaksi memiliki lubang hitam supermasif di pusat. Kita tidak terkecuali. Pusat galaksi kita disebut Sagitarius A * (diucapkan "Sebuah bintang-"), dan menampung sebuah lubang hitam dengan massa 40.000 Matahari yang dengan jarak 14 juta mil  (sekitar ukuran orbit Merkurius). Tapi ini hanya lubang hitam itu sendiri. Semua benda langit yang mempunyai massa mencoba masuk ke dalam lubang hitam - disebut disk akresi - membentuk disk yang memiliki massa 4 juta Matahari, dan akan muat di dalam orbit Bumi. Meskipun seperti lubang hitam lainnya, Sgr A * mencoba untuk mengkonsumsi sesuatu yang kebetulan di dekatnya, pembentukan bintang telah terdeteksi di dekat lubang ini raksasa hitam.

8. hampir setua alam semesta itu sendiri.

Perkiraan terbaru untuk usia alam semesta adalah sekitar 13,7 miliar tahun. Bima Sakti kita telah ada selama sekitar 13,6 miliar dari tahun-tahun, perkiraan 800 juta tahun. Bintang-bintang tertua di Bima Sakti ditemukan di gugus bola, dan umur galaksi ditentukan dengan mengambil usia bintang-bintang ini, dan kemudian ekstrapolasi usia apa mendahului mereka. Meskipun beberapa konstituen dari Bima Sakti telah ada sekitar untuk waktu yang lama, disk dan tonjolan sendiri tidak terbentuk sampai sekitar 10-12 miliar tahun yang lalu, dan tonjolan mungkin telah terbentuk lebih awal dari sisa galaksi.

9. Merupakan bagian dari Virgo supercluster, pengelompokan galaksi dalam 150 juta tahun cahaya.
Super besar, Galaksi Bima Sakti merupakan bagian dari struktur yang lebih besar yang disebut superkluster . Superkluster adalah pengelompokan galaksi dalam skala yang sangat besar (100 juta tahun cahaya). Di antara superkluster ini void yang lebih besar dari ruang di mana setiap wisatawan ruang angkasa akan menemukan sangat sedikit di jalan dari galaksi atau materi. Tetangga dekat galaksi bima sakti meliputi Large and Small Magellanic Clouds, dan Galaksi Andromeda (spiral galaksi terdekat dengan Bima Sakti), dan bersama dengan sekitar 30 galaksi lain kelompok galaksi membentuk apa yang disebut Local Group. Tetapi karena Anda mendapatkan lebih jauh pada keluar, pada skala ratusan juta tahun cahaya, Bima Sakti dapat dilihat untuk menjadi hanya sebagian kecil dari pengelompokan besar galaksi 150 juta tahun cahaya dengan diameter disebut Virgo supercluster.

10. Bergerak
Galaksi Bima Sakti, bersama dengan benda angkasa lain, bergerak secara perlahan di luar angkasa, dan membuat malu apa pun dari kehidupan sehari-hari bahwa salah satu bisa membandingkan kecepatan . Bumi bergerak mengelilingi Matahari, Matahari merupakan bagian dari Bima Sakti, dan Bima Sakti adalah bagian dari Local Group, yang bergerak relatif terhadap radiasi Cosmic Microwave Background - radiasi yang tersisa dari Big Bang, yang merupakan referensi nyaman titik untuk digunakan saat menentukan kecepatan hal di alam semesta. Local Group dihitung untuk bergerak relatif terhadap CMB sekitar 600 km / s (2200000 km / jam).


Sumber: SEDS.org

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates
Back To Top